badge

Kamis, 24 November 2011

dapat dari statusnya Rizal Syahrulli.. bagus

Kadang sepatah kata yang ketus membuat kita:
1. sakit hati sampai bertahun-tahun
2. sikap ceria dan kegembiraan selama ini tersapu habis oleh sepatah kata

Kalaupun orang bertanya mengapa begitu ? mungkin kita akan menjawab "kata-kata itu begitu menyakitkan".

Benarkah kata-kata itu yang begitu menyakitkan?? ataukah kita yang terlalu lemah? jawabannya... Bukan, kita tidak lemah dan kata-kata ketus itu pun sebenarnya tidak ada apa-apa nya.
Permasalahannya adalah: hati kita yang terlalu tinggi.
Tinggi hati membuat : harga diri, gengsi, keinginan untuk di hormati, semuanya ikut menjadi tinggi.
Tinggi hati membuat kita merasa : terhormat, mulia, tidak merasa memiliki dosa, dan sempurna.
Sikap inilah yang membuat kita gampang tersinggung, mudah sakit hati dan berprasangka buruk.
Tinggi hati membuat kita : rapuh dan jiwa menjadi lemah.
Jika kita ingin menjadi kuat, belajarlah rendah hati setiap saat, maka kata-kata ketus tidak akan berarti apapun.
Kerendahan hati membuat kita tenang, hening namun tegar bagai samudera yang mengambil tempat paling rendah.

catatan dari seorang teman ...

Rabu, 23 November 2011

cara membuat komik 2

Membuat Komik, Novel Grafis menggunakan Comic Master
Posted on October 28, 2010 in: Web Apps
Anda penggemar komik dan suka membaca berbagai comic dari jagoan anda jika iya bagaimana jika tak sekedar membaca tetapi juga membuat buku komik anda sendiri. Anda mungkin memiliki beberapa cerita bagus, tapi anda mungkin tidak tahu cara membuat mereka sebagai novel grafis atau buku komik. Berikut ini adalah sebuah aplikasi online sederhana bernama Comic Master yang memungkinkan anda untuk membuat buku komik.

Comic Master adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan anda untuk membuat buku komik online. Dengan master Comic anda dapat menentukan tampilan halaman novel grafis anda. Anda dapat memilih latar belakang, karakter untuk adegan, tambahkan dialog, gelembung dan keterangan untuk adegan dll Bahkan anda dapat menambahkan efek khusus juga.



Untuk memulai anda diharuskan sign up terlebih dahulu cukup isi email dan password dan anda langsung dapat menggunakan aplikasi online tersebut.



Caranya anda pilih layout comic yang ingin anda buat dan kemudian layout-layout tersebut anda drag dan masukan pada lembar kerja untuk komik anda.



Selanjutnya anda anda buat jalan cerita anda yang ingin anda jadikan komik dengan beberapa tokoh kartun komik yang ada seperti pada gambar diatas. Anda bisa membuat komik lucu dengan mudah atau membuat komik yang unik dengan aplikasi online tersebut.

Anda ingin mencobanya Membuat Komik, Novel Grafis menggunakan Comic Master kunjungi situs berikut ini :

Comic Master
Cara Membuat Komik ( sangat mudah )


Untuk dapat membuat komik pada umumnya kita harus mempunyai ke-ahlian khusus seperti menggambar sketsa dengan pensil, atau belajar ilmu photoshop. Belum lagi ditambah anda harus melakukan kedekatan dengan karakter yang ingin di gambar agar hasilnya bisa sangat mirip.

Kali ini kami menemukan Software yang membuat bisa membuat komik secara gampang. Namanya adalah Comic Life. Ya, dengan aplikasi comic life anda tidak harus mempunyai beberapa keahlian khusus seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Lantas apa saja kelebihan dari Software Comic Life ini? diantaranya adalah:

Sangat mudah menjalankan aplikasinya, bahkan siapa saja dapat melakukannya.
Terdapat beberapa Opsi penyimpanan gambar.
Gampang melakukan Drag-Drop dan meng-Integrasikannya ke dalam gambar.
Tersedia Template Font dan untuk mempercantik komik.
Bisa Mengambil gambar melalui WebCam.
Teks menyerupai komik Asli.
Adapun sedikit tutorial tentang cara membuat komik dengan software ini adalah sebagai berikut:

Download dan Install terlebih dahulu Software ini dalam PC anda, situs resminya ada di http://downloads.plasq.com/comiclife-win.exe untuk Windows, bagi pengguna Mac bisa di download di http://downloads.plasq.com/comiclife2.zip. Jangan sampai salah!
Jalankan Aplikasinya. klik tab Explorer untuk memilih gambar, apabila thumbnail gambar sudah keluar, drag ke dalam lembar kerja.
Drag Bundle yang ingin di jadikan background teks.
kemudian klik dua kali ke dalam Bundle yang bertuliskan ” Your Word Here“, dan ketikkan kata sesuai keinginan kamu.
Untuk menyimpan gambar yang sudah kita edit klik menu File > Export > Export to movie.
Setelah keluar Jendela pengatuan Export anda akan disuguhkan beberapa menu, Geser Graphic pada Quality hingga HIGH agar hasil gambar bagus, pada Save As Type anda bisa memilih format yang di tentukan, standart Image untuk internet adalah JPEG, atur resolution hingga 600 dpi untuk hasil yang maksimal.


Untuk hasil akhirnya kamu bisa melihat gambar dibawah ini.

Selamat mencoba, dan pastinya selalu kunjungi Jogsa.NET karena hanya disini semua artikel mengenai komputer dan internet terlengkap.

mampir ke sini biar lebih jelas langkah-langkahnya plus gambar terkait: http://jogsa.net/2011/09/08/cara-membuat-komik-sangat-mudah/

bagian dari rencana besarku: bikin buku komik 1

ini ilmu yang bermanfaat buat rencana besarku. Aku copas dari tetangga sebelah biar gampang kalau mau baca-baca lagi di rumahku sendiri ini.

Proses Membuat Buku-Buku Komik
Oleh: Aaron Albert

Membuat sebuah buku komik sebenarnya merupakan proses yang sangat rumit. Ada banyak langkah utama yang harus ditempuh dan dapat melibatkan banyak orang untuk memprosesnya. Dari ide-ide yang dikemukakan, kita akan melihat apa saja yang dilakukan untuk membuat sebuah komik sehingga Anda bisa tahu apa yang diharapkan ketika Anda membuat komik Anda sendiri.


Ide/konsep
Setiap komik diawali oleh ide/konsep. Ide/konsep itu bisa berupa pertanyaan, seperti "Aku bertanya-tanya apa yang akan terjadi bila seorang tentara nasional Amerika bertemu dengan makhluk asing?" Bisa juga berupa suatu konsep perjalanan waktu. Atau berdasarkan suatu tokoh, misalnya Kapten Jaberwocky, seorang pria berhati monster. Semua itu bisa saja menjadi dasar sebuah komik.

Penulis/cerita
Orang atau kelompok orang ini membuat keseluruhan cerita dan dialog yang ada dalam komik. Akan lebih mudah bila penulis memunyai ide atau konsep sendiri, tetapi ini bukanlah suatu keharusan. Penulis akan memberikan dasar struktur, ritme, seting, tokoh, dan plot yang digunakan pada komik. Kadang-kadang cerita itu benar-benar sempurna, termasuk latar dan karakter yang ada pada cerita tersebut. Atau bisa pula penulis memberikan dasar alur cerita, kemudian dialognya akan disusulkan.

Ilustrator (penciller)
Ketika cerita atau alur cerita selesai dikerjakan, selanjutnya adalah tugas ilustrator (penciller). Ia menggambar cerita yang ada dengan pensil sehingga pemberi tinta bisa membenahi kesalahan atau perubahan yang mungkin terjadi. Ia bertangung jawab pada seluruh tampilan komik, juga menjadi bagian penting seluruh proses pembuatan komik sebab komik sering dinilai berdasarkan hasil kerjanya.

Pemberi tinta (inker)
Pemberi tinta menerima gambar dari ilustrator, menambahkan tinta hitam pada seluruh garis gambar sehingga menambah nilai seni dan memberi kesan tiga dimensi yang lebih dalam. Ia juga mengerjakan hal-hal lain, seperti memudahkan gambar untuk disalin dan diwarnai karena terkadang hasil gambar dari pensil agak kasar. Beberapa ilustrator akan mengerjakan proses ini sendiri, tetapi penintaan membutuhkan keterampilan lain daripada yang dibutuhkan oleh ilustrator. Meskipun kadang-kadang ditujukan untuk memperindah, penintaan merupakan proses terpenting yang memberi kesempurnaan dan tampilan yang indah. Dan hal ini merupakan hak dari seniman itu sendiri.

Pemberi warna (colorist)
Ia bertugas menambahkan warna, pencahayaan, dan bayangan pada gambar dalam komik. Perhatian khusus pada setiap detailnya amatlah penting karena jika pemberi warna tidak menggunakan warna yang tepat, pembaca tidak akan mengetahuinya. Bila rambut dari tokohnya berwarna coklat dalam satu adegan, lalu pirang di adegan yang lain, pembaca akan bingung. Seorang pemberi warna yang baik akan membuat halaman yang harus diwarnai menjadi lebih hidup. Beberapa orang memilih untuk tidak melakukan proses ini; beberapa melakukannya untuk menghemat dana, yang lain untuk memberi tampilan lain pada gambar-gambar itu. Meskipun kebanyakan tidak terjual selaris komik berwarna, beberapa komik seperti ini juga bisa laris, misalnya Image Comics, "The Walking Dead".

Penulis skenario (letterer)
Tanpa kata-kata untuk memperdalam cerita, pembaca akan kebingungan. Dalam tahap ini, penulis skenario membubuhkan kata-kata, efek suara, judul, tulisan di bawah gambar, serta kata-kata dan pikiran dalam awan/gelembung. Beberapa penulis skenario mengerjakannya secara manual dengan tangan dengan bantuan Ames Guide dan T-Square, tetapi kebanyakan melakukannya dengan komputer.

Editorial
Dalam proses ini, editor mengawasi kualitas produksi. Bila terjadi kesalahan, mereka mengembalikannya kepada pembuatnya atau orang lain untuk membenarkan kesalahan yang ada, bahkan kadang-kadang memperbaikinya sendiri. Editor adalah baris pertahanan terakhir untuk menemukan kesalahan dan meyakinkan bahwa komik ini adalah suatu komik yang berkualitas.

Pencetakan/Penerbitan
Saat komik selesai dikerjakan, itu berarti waktunya untuk dicetak. Biasanya dicetak, kadang-kadang dibuat digital. Mesin cetak yang digunakan dipilih khusus dan disewa untuk mencetak komik-komik tertentu. Kadang-kadang hanya dalam beberapa minggu saja, komik-komik dapat dicetak dan siap jual.

Pemasaran
Bila komik sudah siap jual, bahkan sering kali sebelum komik ini selesai, saatnya untuk dipasarkan. Peluncuran lewat situs-situs, majalah-majalah, dan iklan akan menolong komik tersebut laris terjual. Bila sudah siap, salinan ulasan bisa dikirim kepada para pengulas. Bila komik itu bagus, sering kali terlebih dahulu diiklankan secara terus-menerus di internet.

Pendistribusian
Anda memerlukan cara supaya komik Anda dikenal banyak orang. Cara yang paling umum adalah Diamond Comics, cukup banyak distributor yang menyalurkannya pada pengecer. Proses pemasarannya penuh strategi dan Anda memerlukan penjualan yang cepat, tetapi akan sangat penting bila komik Anda bisa sampai ke tangan para pengecer. Cara lain bisa dengan mengadakan pertemuan para pembuat komik yang juga diadakan di seluruh dunia. Anda bisa membuat suatu situs untuk menjual dan mengirimnya melalui e-mail atau mungkin menitipkannya ke toko buku bila mereka mau menjualkannya. (t/Ratri)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : About.com

Judul asli : The Process of Creating Comic Books

Alamat situs: http://comicbooks.about.com/od/creatingcomicbooks/tp/process.htm (copas dari webblognya : http://pelitaku.sabda.org/proses_membuat_buku_buku_komik)

Kamis, 17 November 2011

TIPS BERANTEM SEHAT

ARTIKEL CANTIK DARI MBAK AMINAH MUSTARI DI NOTES FACEBOOKNYA.

Pertengkaran merupakan hal wajar bagi tiap pasangan. Dua orang berbeda pendapat itu biasa. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana Anda dan pasangan melewati proses tersebut dan kembali menjalani hubungan.

Bertengkar dengan pasangan tidak harus selalu berakhir buruk. Banyak cara yang bisa Anda lakukan agar hubungan kembali hangat setelah pertengkaran terjadi.

Hal-hal yang perlu diingat saat kita bertengkar dengan pasangan:
Pertengkaran hanyalah salah satu warna dalam hidup. Ingatlah masih banyak warna dalam hidup Anda. Jangan sampai satu masalah yang memicu pertengkaran Anda menghapus warna lain yang lebih indah.

MENJUAL SISIR KEPADA BIKSU

MENJUAL SISIR KEPADA BIKSU (notes bagus untuk mencerahkan anda yang penat; tapi aku gak tahu ini pengarang aslinya siapa)


Pertanyaan :

Jika perusahaan di mana anda bekerja, adalah sebuah perusahaan pembuat SISIR, memberi tugas untuk menjual sisir pada para biksu di vihara (yang pasti semua kepalanya gundul). Bisakah anda melakukannya ?

Minggu, 06 November 2011

masih dari catatannya ilham q muhiddin: Tentang Korupsi

Ilham Q Moehiddin (status fbnya):

Suatu waktu, Khalifah, Sayyidina Umar bin Khatab RA mendapati domba-domba Zaid Al Asghrar, puteranya sendiri, sedang memakan rumput bersama domba-domba milik Baitul Maal. Karenanya, maka dipanggillah puteranya itu. “Wahai Zaid, tidakkah kau ketahui, bahwa rumput yang disediakan untuk domba-domba itu dibeli dengan uang Baitul Maal?”

puisinya adrian kelana yang aku suka.

@ gabak di kelopak mata Mande @
by Adrian Kelana on Saturday, 05 November 2011 at 11:43
Gabak di kelopak mata Mande

Senja mulai menepi bibir malam
Mande duduk berlangang surang
Matanya kosong menerawang langit
Ada gundah bertudung sunyi

sepenggal Kisah Umar Bin Khatab RA

Ilham Q Moehiddin
Karena saya mencintai dan memfigurkan Sayyaidina Umar bin Khatab R.A. maka ada sedikit kisah mengenai beliau.

Suatu ketika putera Sayyidina Umar RA pulang dari sekolah dalam keadaan menangis. Melihat puteranya serupa itu, Sayyidina Umar RA lalu mempertanyakan sebab musababnya. "Kawan-kawan di sekolah telah menghitung tambalan bajuku, seraya mereka berkata: Lihatlah itu putera Amirul Mu'minin, berapa tambalan bajunya?"

Jumat, 04 November 2011

Kita bertanya, Al Quran Menjawab

✦ Kita bertanya: Kenapa aku diuji?

Quran menjawab , “Apakah manusia itu mengira bahawa mereka dibiarkan saja mengatakan ,” Kami telah beriman, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka , maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar , dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta.” Surah al-Ankabut , ayat 2-3.

Be a Writer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...