badge

Kamis, 23 Desember 2010

Cari Jodoh

Cari Jodoh
by Ade Anita on Monday, 25 October 2010 at 18:05
"Jodoh itu nggak usah dicari! Nanti, dia akan datang sendiri."
Kalian, termasuk yang percaya dengan pernyataan ini tidak?

Beberapa hari yang lalu, Dang Aji mengadakan kompetisi menulis novelet dengan tema Cinta Jangan Kau Pergi. Salah satu syaratnya adalah, harus ditulis dengan cara duet berpasangan tapi TIDAK BOLEH dengan pasangan nikah. Lalu ada tambahan syarat lagi, pasangan harus berasal dari kelompok Group Untuk Sahabat.

Nah loh.
Tapi aku pingin ikutan kompetisi ini. Sepertinya asyik. Seru. Jadi, tanpa berpikir masak-masak, aku langsung mengajukan diri mendaftar. Yup, count me in Dang Aji.
Tapi... pasanganku siapa ya?

Wah. Akhirnya, tanpa terasa aku terbawa suasana menunggu jodoh.
Sudah berkoar-koar di status wal Dang Aji dengan mengatakan bahwa statusku "jomblo"di kompetisi ini, tapi tampaknya tidak ada yang menaruh minat untuk jadi pasanganku.

huhuhu... sedih. *ups! Never!.. ini tidak ada di kamusku.

Akhirnya, aku bisa merasakan juga bagaimana rasanya orang-orang yang sedang duduk menunggu jodoh itu. Rasanya...nggak enak ya ternyata.
Bayangkan, setiap kali ada yang memproklamirkan diri sebagai pasangan, aku langsung panik.
"Waduh, dia sudah punya pasangan."
Lalu makin panik ketika orang-orang yang aku suka dan semula aku incar ingin aku jadikan pasangan tiba-tiba sudah "jadian" dengan orang lain.
"Ah, kenapa dia mau menerimanya? Aku kan lebih pantas jadi pasangannya? Apa yang kurang dariku?"
Terus paling nggak enak kalau ada yang bertanya, "sudah berpasangan dengan siapa akhirnya?"
Aduh... aku belum lakuuuu
Pinginnya teriak gini, tapi malu ah.

Lalu kian panik ketika makin banyak pasangan yang "jadian".
"OMG, aku dapat siapa nih? Masa jomblo forever sih? Bisa-bisa batal ikut kompetisi nih?"
Tapi, entah mengapa, meski panik, aku tetap malu mengajukan pinangan pada siapa saja. Hanya bisa menatap penuh kekaguman lalu berharap orang yang aku kagumi itu tahu sedang aku kagumi dan mau meminangku untuk jadi pasangannya.
Duh.
Mana bisa ya?
Tapi ternyata itu yang terjadi kemarin.
Hasilnya? Aku tetep sendiri (hahahahaha).

Akhirnya, aku merubah strategi. Saran beberapa orang teman, "harus sedikit agresif.. nggak bisa cuma nunggu aja. Kalau cuma nunggu tapi nggak ada yang mulai, bisa-bisa waktu pun berlalu dan kesempatan menjadi hilang."

Akhirnya, aku pasang pengumuman bahwa aku sedang cari pasangan.
Seterusnya... menunggu lagi (aih, perempuan pasif sekali deh kamu, De).
Tapi kali ini menunggu dengan hati berdebar-debar.
"Siapa ya jodoh yang akan menghampiriku? Duh... gimana kalau dia ternyata tidak cocok dengan gayaku? Gimana kalau dia ternyata tidak satu selera denganku? Gimana kalau ternyata dia punya pemikiran yang berbeda denganku? Gimana kalau banyakan berantemnya ketimbang berkaryanya? Gimana kalau terjadi sebaliknya, banyakan pasifnya daripada aktifnya?" Dan... begitu banyak gimana-gimana lainnya.
Uh.
Aku perempuan yang pemilih ternyata (baca: selektif; baca lebih close up lagi : amat sangat selektif).
Aku perempuan yang banyak maunya.
Mau terbang hingga ke langit yang penuh bintang
Mau menyelam hingga ke dasar laut
Tapi, ternyata takut ketinggian.
Juga takut basah
Akhirnya, tidak ada yang mengajukan "pinangan".
Kembali sendiri
dan kembali menunggu

Ah. Menunggu adalah sesuatu yang paling membosankan ternyata.
Ada banyak waktu yang habis untuk menunggu.
Padahal di sudut yang lain, ada waktu yang tidak bisa menunggu
Sudut lain itu bernama kesempatan

Pada akhirnya, aku memang harus merubah strategi untuk mendapatkan "jodoh" ini
Nggak bisa cuma menunggu dan berharap jodoh itu tiba-tiba akan datang dengan sendirinya tanpa sebuah usaha apa-apa

Akhirnya, aku mulai mencari mereka yang masih "single" dan terpaksa..."mengajukan pinangan lebih dahulu"
(hei, ini bukan diriku yang asli. Tapi, kata orang, kulit dibuat berlapis-lapis; jika satu tidak berkenan, jangan pernah sungkan untuk mengelupasnya dan menggantinya dengan kulit yang baru)

"Hai, aku lagi cari pasangan nih. Kamu mau ya jadi pasanganku?"
Akhirnya... aku bertemu juga dengan pasanganku. Seorang anak muda penuh semangat bernama Inggar Kammi UNJ.
"Aku panggil kamu apa? Eh.. kamu laki-laki atau perempuan?"
"Aku perempuan, sudah 40 tahun, anak tiga."
"O, kalau begitu aku panggil bunda saja ya... dan bunda bisa panggil aku nanda." (wehehehehe... berasaTua.com)

Lalu mulai mengingat-ingat semua nasehat yang pernah aku berikan pada orang lain.
"Jangan under estimated dulu dengan pasanganmu. Coba untuk mencari kelebihannya, coba untuk berbaik sangka, coba untuk belajar dari kelebihan yang dia miliki."
Lalu aku mulai mempraktekkannya dan hasilnya. SUbhanallah.. akhirnya, aku dan Inggar bisa juga menulis bareng. Masih sedikit sih, tapi lumayan untuk permulaan sebuah kolaborasi sahabat.

Jadi... buat yang belum dapat jodoh?
Ini tipsku:
Jangan menunggu saja. Ayo.. bergerak dong (hehehehe... tenang, aku tahu pasti merubah karakter dari pasif menjadi agresif itu memang ternyata butuh perjuangan kok. Jadi, ambil waktumu tapi jangan sampai kehilangan kesempatan yang ada

oh iya, ini nih lombanya http://www.facebook.com/note.php?note_id=442387012882&id=100000080081552
-------------
Penulis: Ade Anita

Aku sempat loh di rumah, dengan noraknya menyanyikan lagu WALI yang Cari Jodoh... hahahahahahahhaha....
anakku sampai ngasi komen:
"Nggak ada lagu lain ya bu? itu kan lagu alay."
"Ada sih, bukan lagu wali tapi lagu kangen band. Kamu maunya lagu yang mana nak?"
"Ih, malas deh aku dengarnya."
"Oke, kalau kamu malas dengarnya, berarti.. ibu tulis aja deh syairnya di wallmu."
"Ibu pasti langsung aku remove saat itu juga dari pertemananku."
WEKSSSSS!!!! Kejamnya dunia....

Like · Comment · Share · Delete
Syaiful Alim, Nur Rahma Hanifah, Herina Chorni Utami and 13 others like this.
Astrid Septyanti Fuyuharuaki hehehe..
mbak Ade lucu. :)
tp gud luck jg deh buat mbak Ade sm "pasangan"nya..hm, siapa namanya, Bunda Inggar y kalau ndak slh ingat.
smga kolaborasinya menghasilkan sesuatu yg indah.
25 October at 16:54 via Facebook Mobile · Like
Nur Azizah hahahhahhhhhhhhhhhhhaaa...pasti ibm lagi yg komen begitu =))

tp aku setuju mba, jodoh setiap orang itu pasti ada, tp bukan berarti hrs diam saja. Bergerak mencari dan menyeleksi asal tdk lebay :)

aku sudah mencoba juga lho...hihi3
25 October at 16:56 · Like
Ade Anita waa.. inggar ini laki2.. mahasiswa UNJ
25 October at 16:57 · Like
Dini Kaeka Sari bwahahahaha.....
25 October at 16:57 · Like
Elisa Trisnawati hahahhahahha.......Ade ceritanya lucu. Pengalaman seru, aku jadi ingat dgn kisahku yang mirip dengan pengalaman kamu. Tp bukan cari pasangan menulis, aku mencari partner menari smp sekarang ga dpt2 ya karena pilih2 itu. bedanya smp sekarang aku belum dpt hehhehehe
25 October at 16:57 · Like
Ade Anita azizah: hehehe... lama2 kamu hapal juga kan karakter calon menantu yang aku sodorkan untukmu ini?? hehehehe
25 October at 16:57 · Like
Nur Azizah huehehe...happaaaalll bangeettt mbaa...
jd takut ntar calon mertuanya jg digituin =))
25 October at 16:59 · Like
Ade Anita ‎@elisa: hahaha.. berarti aku lebih luwes kalau begitu ya.. ya.. lumayan deh untuk perempuan tua 40 tahun seperti ini (hehehe, ini isi sms pinanganku untuk inggar)
25 October at 16:59 · Like
Ade Anita ‎@azizah: tenang.. nanti aku kasi dia manual "cara tepat mengambil hati mertua agar istri senang, orang tua bahagia"..kayaknya lagi diskon 30% deh.. :P
25 October at 17:01 · Like · 1 person
Astrid Septyanti Fuyuharuaki ooo, Inggar maaf,sy slh bc. hehehehe
25 October at 17:02 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita gpp...
25 October at 17:03 · Like
Nur Azizah bhuahahahhahaha...
*ngebayangin ibam ditraining pra nikah :p
25 October at 17:04 · Like
Ade Anita ‎*ikut ngebayangin...
"Pak, tanya dong.. jadi sebaiknya gimana kalau bla..bla..bla.."
"Kalau begitu kamu harus bla.. bla.bla.."
"Nggak bisa dong pak, secara bla.. bla..bla"
"Iya, tapi kan bla..bla..bla"
...See more
25 October at 17:07 · Like · 1 person
Ida Fitrie Dwiyanto sabar ya mba... jodohmu pasti nanti datang kok... hehehe ^^
25 October at 17:07 · Like
Ade Anita weeeitt.. aku udah ketemu... itu si inggar jodohku di kompetisi kolaborasi novelet itu... hehehe...berkat usaha sana sini.. begh
25 October at 17:08 · Like
Nur Azizah hahahhaaa....trainingnya bakal berjalan dg berat sepertinya :)
25 October at 17:09 · Like
Ida Fitrie Dwiyanto alhamdulillahhh.... hehehe jadi sekarang bisa berkolaborasi deh... selamat ya
25 October at 17:10 · Like
Miyosi Ariefiansyah sebelum baca nge like dulu, soalnya kalau temanya ttg jodoh2 gini seneng mbk, hehe *dasar mio*

*membaca*
25 October at 17:11 · Like
Qonita Musa Allah itu kalau mau memberi pengetahuan macam-macam jalannya. Pertama ada sentilan ajang mencari "jodoh" dang aji, aku biasa saja, lalu baca note mbak ade yang lebih dulu mampu menangkap pengetahuan itu, aku baru nyadar: iya iya, beginilah ...See more
25 October at 17:12 · Like
Miyosi Ariefiansyah nah skarang komen: xixixixi, gak nyangka mbk ternyata "jodoh" nulis, hehehe, tak kira pasangan hidup, hehehehe

iya mbk ya, bener bgt, kata temenku ya gitu, smoga Allah mberikan yg terbaik n di saat yg tepat buat temen2 yg sdang menunggu jodo...See more
25 October at 17:15 · Like
Ade Anita ‎@qonita: iya..karena kita terus menerus dicekoki lagu2 mereka tiap hari di media.. jadi seperti cuci otak.. makanya hapal..
25 October at 17:18 · Like
Ade Anita ‎@miyo: udah *mengangguk malu2
25 October at 17:19 · Like
Ilham Q Moehiddin Bagaimana jika macam ini:...Jodoh itu ditemukan ^_^

hehehehehehe
25 October at 17:33 · Like
Ade Anita ‎@pak ilham: iya juga ya.. aku juga akhirnya menghubungi seseorang yang pasang status cari jodoh juga.. langsung saja aku kontak dan dia setuju dipinang... jadi.. aku menemukan dia ya judulnya... tapi.. itu berarti aku tetap usaha sebenarnya... karena kemarin ketika aku asli menunggu dan tidak melakuikan apa2, ternyata nggak ada yang ketemu dan menemukan aku ... asli dianggurin.
25 October at 17:38 · Like
Ilham Q Moehiddin Bhahahahahaha...bener2 dianggurin? hihihihihih ^_^
Berarti mas Adi yang tak datang "menemukanmu". Iya kan???
^_^
25 October at 17:41 · Like
Ade Anita ‎@pak ilham: nggak boleh pake pasangan nikah masalahnya.. .. jadi, ya gitu deh.. mulai dari awal lagi... cari jodohnya.. hehehe... (ternyata dianggurin itu nggak enak ya.. udah pasang pengumuman pun tetep nggak laku diriku kemarin... mau minanga duluan takut ditolak.. takut dicuekin.. dan malu aja...terbiasa menerima..jadi sulit melakukan penawaran..waah.. banyak pembelajarannya kemarin.. alhamdulilah nambah pengalaman baru
25 October at 17:45 · Like
Ilham Q Moehiddin Tapi setahuku...justru wanita itu yang paling mudah untuk nikah. Kalok udah pengen...kan tinggal panggil abah & ummi. Ajak kedua beliau itu duduk, trus bilang; Abah..Ummi...saya sudah boleh dinikahkan. Orang tua kan kadang tak mau memaksa (...See more
25 October at 17:49 · Like
Ade Anita ‎@pak ilham: hmm... berarti ortu seperti aku sudah harus mulai melirik kandidat ya.. (huahahaha.. jadi serius gini ngomongnya?)...

analogi pengalaman kemarin: Kemarin itu, aku asli loh.. sudah bilang ke beberapa teman minta dicarikan pasanga...See more
25 October at 17:56 · Like
Ade Anita ‎@pak ilham lagi: eh.. ternyata, aku sebagai wanita sulit loh mencari "pasangan" kemarin. Karena, sudah terlanjur dibentuk dengan budaya "menunggu", "tidak agresif alias tidak nyosor duluan"... dan merubah sistem budaya yang sudah mendarah daging itu ternyata nggak mudah juga...
25 October at 17:59 · Like
Ilham Q Moehiddin Saya gak akan mengatakan itu "harus"...tapi ada baiknya sebagai ortu memulai "mempersiapkan". Kendati nantinya persiapan itu bukan untuk didesakkan... Jadi jika suatu ketika anak kita meminta seperti hal diatas itu...kita sudah ada "kandida...See more
25 October at 18:05 · Like
Dewayanie Prasetio wakakakakak, selamat ya De.... dah menemukan 'jodoh'nya.... :)
*aku kayaknya ngeliat aja dulu deh, banyak dead line niih... Jiaaaaahhhhh, weks, hihihiihih*
25 October at 18:06 via Facebook Mobile · Like
Ilham Q Moehiddin Bhahahahahahaha...Ade...sory tema omongan kita...nyampir2 begono ^_^
kembali ke soal "pasangan" ditema awal...apa iya belum dapet?
25 October at 18:09 · Like
Astrid Septyanti Fuyuharuaki thanks for tag y mbak Ade. note berikutnya tag lg ya :)
25 October at 18:11 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita hehehe... seru juga ya ternyata lakon cari jodoh ini.. karena ternyata melibatkan sistem yang tidak sederhana...yang berkemas bukan cuma pelaku pencari jodohnya itu sendiri, tapi juga lingkungannya mesti mendukung..
jadi inget nasehatku ke a...See more
25 October at 18:12 · Like · 1 person
Ade Anita ‎@insya Allah ya astrid... makasih
25 October at 18:13 · Like
Ade Anita ‎@mbak yanie: hehehe..doakan ya mbak..s emoga sukses nih duetku
25 October at 18:14 · Like
Ade Anita ‎@pak ilham: hehe.. sudah pak.. ya itu tadi.. dengan usaha keras akhirnya aku "meminang seseorang".... (sungguh loh, ini berat buat aku yang terbiasa menunggu..)
25 October at 18:15 · Like
Dewayanie Prasetio siiip!
25 October at 18:16 via Facebook Mobile · Like
Ilham Q Moehiddin Selamat...en harus menang (kali ini kemenangan tidak untuk bonus hehehehehehe)
25 October at 18:16 · Like
Ade Anita ‎@pak ilham: pinginnya sih begitu, tapi saingannya penulis kawakan semua dan pasangan mereka mantap2 sepertinya.. sudah sehati sejiwa seiirama.. aku masih pasangan baru yang masih banyak penyesuaian sana sini dan belajar... tapi semangat kok.. ini ajang mengeksplorasi kemampuan soalnya.. doakan ya..:))
25 October at 18:18 · Like
Ilham Q Moehiddin Santai aja...tak mengapa ada yang kawakan. Belum tentu mereka menang. Namanya juga sayembara...yang baik (yang sesuai dengan semua tema, syarat dan ketentuan) yang tentunya menang. Bismillah aja...and ur show must be go away ^_^
25 October at 18:22 · Like
Imazahra Fatimah Hihihihi, dialogmu dengan anakmu lucu banget siy Mbak Ade :-D
25 October at 18:45 · Like
Nazla Luthfiah Haha, kocak!

Menarik. Sy penasaran anak kolaborasinya sprt apa. Penulis laki2 dan perempuan py sudut pandang yg berbeda
25 October at 18:57 via Facebook Mobile · Like
Ria Fariana keren banget tulisannya, Mbak. TOP dah, apalagi dengan usia 40 thn (berasatua.com) gaya tulisan Mbak masih ocre banget. Sukses kolaborasinya. Ditunggu lahiran anaknya ya hehehe;)
25 October at 19:04 · Like
Afifah Ahmad wakwakwak.....seru amat perjuangan mbak Ade untuk 'cari jodoh' mudahan terus berjodoh sampai menang...*ngedoain sambil nungguin traktiran*

setuju sama Ima, obrolan ama nandanya bisa renyah banget hehe
25 October at 19:09 · Like
Ade Anita ammiin...doakan ya afifah
25 October at 20:05 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita ‎@imazahra: lah...udah lucu gini aja tapi teteup ada yang masih berpikir ulang untuk jadi calon besanku..hahaha..gimana kalo serius??
25 October at 20:06 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita ‎@lulu: duh, deadlinenya tgl 3 nih hasil kolaborasinya...deg degan euy
25 October at 20:09 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita ‎@ria: alhamdulillah, nggak percuma sering ngobrol ma anakku yg abg itu(baca:brondong)...
25 October at 20:12 via Facebook Mobile · Like
Faradina Izdhihary ampun aku mesam mesem lebar di ruanan ketika pemateri sdg serius menjelaskan a sampe z. kira2 ada gak ya yg mau sama aku
25 October at 20:20 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita hehehe...ikutan jugakah mbak farad?
25 October at 20:36 via Facebook Mobile · Like
Tyas Amalia Yahya hahaha.. panjang dehh.. semoga langgeng sama pasangan barunya ya Mbak.btw Ibam doyannya lagu apa sih? sini aku nyanyiin :p
25 October at 21:59 · Like
Ade Anita gimana cara nyanyiinnya? nulis syair d wallnya? hehe siap2 aja diremove ama dia..hahaha...
25 October at 22:17 via Facebook Mobile · Like
Tyas Amalia Yahya hahaa.. aku bisa lagu alay dan non alay. tinggal dipilih aja =))
25 October at 22:19 · Like
Amanda Ratih Pratiwi hahahahaha.. kirain mo duet bareng acu mak :p
25 October at 22:26 · Like
Ikha Dianny Sarawan mbak ade mau dong dikenalin sama inggar itu, hahaha usaha kan nih namanya? apa murahan? ;p
25 October at 22:44 · Like
Denny Herdy Jodoh...Cinta...sesuatu yang tidak statis juga tidak dinamis..bingung juga kalo mikirin jodoh...cari pasangan tepat itu susah...pas mau milih ternyata salah pilih..(Hehe ko curhat sih..?)
26 October at 02:10 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita ‎@denny: eh.. baca tipsku deh... sudah aku terapin tuh kemarin begitu ketemu pasangan yang tidak aku kenal dan mencoba menyesuaikan diri... It's work!
26 October at 07:19 · Like
Ade Anita ‎@amanda: loh? tiga hari aku menunggu dirilku dipinang tapi dianggurin oleh siapapun... lagipula, aku dah minder duluan dengan dirimu, jadi berharap kamu yang meminang diriku kemarin.. *kan biasanya, yang lebih mendatangi yang kurang.. kalo yang kurang mendatangi yang lebih, nanti disangka nggak tahu diri...hehehe.. aku termasuk orang yang tahu diri kok..makanya menunggu dipinang..
26 October at 07:21 · Like
Ade Anita ‎@tyas: oh iya ya... sebenarnya aku juga seperti itu, tapi, kebanyakan nonton stasiun teve tertentu jadi tercuci otakku, hapal lagu2 alay.. untung aja ada yang suuka lagu leo kristi dan lagu2 80-an, jadi agak ketolong dikit koleksi lagu di kepalaku ini
26 October at 07:22 · Like
Ade Anita ‎@ikha: waa... inggarnya sendiri, aslinya sudah menikah.. masih mahasiswa tapi sudah menikah..atau.. mau menyanyikan lagu astrid: "jadikan aku yang kedua.. kubuat dirimu bahagia"
26 October at 07:23 · Like
Indria Auliani Hehe semoga inggar tabah menghadapi mbk ade. Sukses ya mbk! Kasih liat anaknya klo dah brojol
26 October at 07:30 via Facebook Mobile · Like
Ade Anita hhahahaha..... sip .. sip..sip...
26 October at 07:32 · Like
Hairi Yanti Hahahaha..... lucu banget mbak prosesnya dalam masa menanti... Iya mbak, yanti juga bukan orang yang agresif. Tapi pas ada yang ngelirik, yah dikasih2 harapan. Biar dia tau kalau qta juga suka kok, so.. ayoo nembak.... hihihi....
26 October at 08:11 · Like
Fitri Gita Cinta huaaaaa... aq ga ngalamin deg2an kek mbak ade, malah kaget, bangun dari tidur pas buka hp langsung dpat 'pinangan' :D

tp sekarang udh ganti ost kan, mbak ya bukan wali lagi.. hehehe
26 October at 09:03 · Like
Ade Anita hehe.. yanti.. ini pengalaman pribadi nih? ehem.. ehem
@fitri: duh, kamu mah emang dah dijodohin sama nurul selamanya sepertinya.. jadi udah tenang aja, karena jodoh dah ditangan... aku ini nih kemarin2 sempat kebingungan nyari jodoh
26 October at 12:56 · Like
Tsania Putri Rahmadani menohok nih Mba Ade. hehheee
26 October at 15:33 · Like
Ade Anita upss! soriii tsania...hehehe
26 October at 16:46 via Facebook Mobile · Like
Nesya Eka Putri ‎(^^)b
26 October at 18:08 · Like
Dwi Klik Santosa jodoh itu ndak tahu lah ... hahaha ... lha wong saya masih njomblo juga je .... hahaha ...
26 October at 21:41 · Like
Ade Anita aku bisa merasakannya kemarin dwi... ..meski cuma ngerasain jadi jomblo di urusan sayembara aja
26 October at 22:33 via Facebook Mobile · Like
Syaiful Alim kalau aku?

ide atau tema yang digelar Mbak Ade sungguh kontekstual!
26 October at 23:40 · Like
Ade Anita iya syaiful...notes ini ditulis untuk mengenang suka duka ikut sayembara menulis kolaborasi cinta berpasangan dgn sahabat... itulah yang aku rasain kemarin waktu nyari partner kerja...
27 October at 07:39 via Facebook Mobile · Like
Nurul Asmayani hahaha...lucu banget Mba.
Jadi dibawa serius gitu Mba nunggu pasangannya. Kalo aku kemarin langsung aja nembak...karena ngerasa sudah punya soulmate nulis
hihihi
27 October at 21:13 · Like
Ade Anita hehe...nggak sih nurul, nggak dibawa serius sebenarnya..tapi, tiba2 aja aku jadi teringat semua nasehat yg pernah aku berikan pd mereka yg menanti jodoh dan aku langsung aja terkoneksi utk nulis ini...
27 October at 21:35 via Facebook Mobile · Like

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

karena banyak sekali spam, jadi untuk sementara aku moderasi ya komennya. Makasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...